Rahasia Orang Sukses Asal Jepang Patut Ditiru

Rahasia Orang Sukses Asal Jepang Patut Ditiru – Negara maju yang memiliki segudang prestasi di bidang teknologi ini tidak bisa disepelekan.

Sudah banyak ciptaan – ciptaan mutakhir yang telah dihasilkan demi mencapai keinginan para konsumen di negaranya.

Hasil ciptaanya juga terbilang nyeleneh. Namun, ternyata di balik itu semua ada manfaat yang didapatkan.

Baca Juga : Tips dan Trik Agar Wawancara Kerja Sukses

Ya, Jepang tidak hanya dikenal dengan berbagai anime keren yang melalang buana di belahan dunia, tapi juga berbagai kebiasaan yang patut diacungi jempol oleh kita.

Dari kebiasaan ini lah yang membuat masyarakatnya menjadi orang sukses. Nah, berikut rahasia – rahasia orang sukses asal Jepang yang patut ditiru.

Budaya Disiplin

Negara Doraemon ini memiliki kedisiplinan super dibandingkan dengan negara lainnya. Untuk membuang sampah pun tidak bisa sembarangan.

Mereka membaginya dalam 9 tong sampah sesuai dengan jenis sampah tersebut.

Kerennya masyarakat disana bahkan tidak asal memasukkan sampah dengan katagori yang tidak pada tempatnya, melainkan sesuai dengan klasifikasinya lho.

Tidak hanya itu dari budaya mengantri hingga menunggu lampu lalu lintas sampai berwarna hijau, walaupun tiba – tiba hujan turun pun mereka tetap menunggu.

Semua hal yang kamu anggap sepele ternyata menjadi sesuatu yang luar biasa jika dilakukan lho. Ini yang menjadi Jepang semakin sukses menjadi negara maju.

Budaya Malu

Angka kematian di Jepang memang lah sangat tinggi, yaitu 70%  jika dibandingkan dengan negara lain.

Hal ini karena budaya mereka yang mengutamakan malu jika melakukan satu tindakan yang tidak sesuai.

Pernah ada satu bencana besar yang melanda kota sakura ini, yaitu saat bencana tsunami melanda dan merusak semua harta benda yang mereka miiki.

Dari ribuan dompet, brankas, emas batangan hingga perhiasan yang tercecer di antara puing – puing bangunan tersebut.

Uniknya, masyarakat Jepang tidak mengambil barang yang bukan milik mereka.

Namun, lima bulan pasca tsunami masyarakat Jepang justru mengembalikan uang sebesar USD 78 juta atau sekitaran 700 milyar rupiah ke kantor polisi. Ini dikarenakan budaya malu mereka yang sangat tinggi.

Dilatih untuk Mandiri sedari Kecil

Satu hal lagi yang perlu dicontoh dari budaya Jepang, yaitu membiasakan anak untuk hidup mandiri.

Sejak kecil masyarakat Jepang mendidik anak – anak mereka untuk membawa tas dan tempat makan atau minum sendiri ke sekolah.

Ditambah lagi siswa – siswa disana diwajibkan untuk membersihkan kelas – kelas mereka, supaya belajar untuk selalu hidup bersih diluar maupun di dalam ruangan.

Bahkan pada saat kuliah pun ada yang bekerja part time demi membayar biaya kuliah serta biaya hidup, karena seumuran itu mereka tidak dibiasakan untuk meminta uang kepada orang tua.

Loyalitas dalam Bekerja

Ada satu hal menarik yang bisa kamu temukan di Jepang, yaitu kesetiaan mereka dalam bekerja pada satu perusahaan.

Ini pun dibuktikan masyarakat Jepang yang hanya bekerja pada satu kerjaan saja.

Mereka tidak dengan sengaja mengundurkan diri demi mengejar karir yang lebih baik dan penghasilan yang lebih tinggi di perusahaan lainnya.

Bahkan kamu pun bisa menemukan karyawan di salah satu perusahaan yang sudah berusia 60 tahun masih bekerja giat di umur yang sudah terbilang senja itu lho.

Di samping itu ketika karyawan diwajibkan untuk lembur maka kantor atau pabrik pun bisa menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Sungguh merupakan kebiasaan yang patut dicontoh, ya?

Mari tanamkan budaya malu serta kedisiplinan pada diri kita masing – masing untuk mencapai kehidupan yang lebih baik lagi.

Baca Juga : Kebiasaan Orang Sukses Ini yang Wajib Ditiru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Panduan Bisnis Online dan Peluang Usaha Rumahan © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!