4 Resiko Yang Sering Terjadi Dalam Bisnis Online

Resiko dalam Bisnis Online – Salah jika masih saja ada orang yang beranggapan bahwa bisnis online adalah bisnis yang tidak ada resikonya.

Padahal apapun jenisnya, resiko bisnis online selalu ada meskipun kita masih dilevel pemula atau sidah expert sekalipun.

Bisnis apapun itu selalu mengandung resiko mau itu online ataupun offline.

Lanjut ke bisnis online, yang dikelola secara online memang beberapa tahun ini menjadi trend di kalangn masyarakat yang mengenal intenet.

Dengan alasan bisnin online adalah bisnis yang menjanjikan bagi para pelakunya. Namun meski begitu, tetap saja ada resikonyadan tak lepas dari resiko.

Tanpa adanya pengeolaan bisnis yang benar maka resiko kerugian cukup besar.

Bisnis online sebenarnya merupakan masalah interaksi dengan konsumen secara tidak nyata.

Bisnis semacam ini mau tak mau kan melibatkan banyak orang dengan berbagai karakter.

Jadi sebelum memutuskan terjun di bisnis online kita harus benar-benar siap dengan resiko yang akan dijumpai.

Apapun itu maslahnya kita harus menghadapinya dan sabar adalah kunci utamanya terutama dalam menghadapi komplain dari para konsumen.

1. Resiko Bisnis yang Tidak Berkembang

Resiko ini yang membuat sebagian orang engggan untuk melakukan bisnis online dengan alasan karena tidak berkembang, apalagi jika sudah melakukan investasi sebelumnya.

2. Resiko Kepercayaan Konsumen

Dalam hal jual beli online atau bisnis online ini memang sangatlah riskan dengan urusan kepercayaan dari para pelanggan.

Sekali saja kita salah maka akan selalu diceritakan kesalahan kita.

Apalagi jika orangnya memang sangat selektif dalam membeli barang atau sesuatu secara online.

Oleh sebab itu, tanamlah rasa kepercayaan padadiri pelanggan kepada toko kita dengan tujuan untuk menjaga nama baik toko serta produk yang kita jual.

3. Resiko Kerugian dalam Bisnis Online

Karena sedang marak-maraknya bisnis online maka sering kali banyak konsumen yang menipu penjual dengan cara memberikan komplai barangnya yang telah sampai rusak dan minta ganti rugi.

Nah, dalam hal ini kita harus benar-benar pintar untuk menghadapinya, dengan cara mintalah foto dari konsumen yang rusak sehingga kita dapat memastikan bahwa barang itu benar-benar rusak parah dan harus diganti dengan yang baru.

Jika kita hanya langsung mengiyakan kemauan konsumen bisa jadi kita rugi dengan harga produk dan ongkos kirimnya.

4. Resiko Barang Hilang di Ekspedisi

Masalah ini sering banget terjadi akhir-akhir ini di lingkungan bisnis online tersebut.

Pasalnya barang yang dari supplier telah dikirim ke alamat yang sudah tertera di dlam kardus pengiriman tapi tak kunjung sampai.

Alhasil konsumen memberikan informasi kepada supplier perihal barang yang takk unjung sampai.

Kemudian supplier mencari informasi dari tim ekspedisinya tentang barang yang dikirim belum tiba di tempat dan saat di cek barang tidak ditemukan.

Resiko ini adalah yang paling berat karena konsumen rugi dan supplier juga rugi.

Itulah berbagai macam resiko yang terjadi pada bisnis online.

Tidak hanya satu atau dua saja melainkan banyak resiko yang harus dihadapi oleh para pebisnis online.

Sekarang bagaimana cara menghadapinya?,

Dengan cara bersabar dan katakanlah sejujurnya kepada konsumen agar mereka dapat mengerti dan merasa pertanyaannya sudah dijawab dan di selesaikan.

Selain itu, pastikan segala sesuatunya dengan terperinci agar suplier juga mendapatkan resiko kecil yang sekiranya masih dapat ditangani dengan cara bijak dan cerdas.

Itulah beberapa resiko yang bisa terjadi pada bisnis Online.

Baca Juga : Perbedaan Bisnis Online dan Bisnis Offline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Panduan Bisnis Online dan Peluang Usaha Rumahan © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!
SENTANABET BANDAR BOLA SBOBET MAXBET JUDI LIVE CASINO ONLINE TERPERCAYA